Jaringan Pembelajaran APTIK menyelenggarakan Workshop “Membuat Konten Digital/Audiovisual Interaktif untuk MOOCs APTIK” pada Rabu-Kamis 28-29 April 2021. Workshop secara daring dan diikuti 173 orang peserta terdiri dari 126 orang dosen dan 47 orang pustakawan dari 20 Perguruan Tinggi APTIK. Workshop diselenggarakan untuk menambah ketrampilan dosen dan pustakawan dalam mengemas dan menyajikan materi yang lebih menarik dan interaktif untuk Massive Open Online Courses (MOOCs APTIK).

Materi workshop yang diberikan meliputi membuat PPT interaktif, membuat konten audiovisual menggunakan aplikasi Open Broadcast Systems, dan editing video.

Dalam sambutannya Koordinator Jaringan Pembelajaran APTIK, Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, MSIEC menyatakan bahwa ada dua hal mengapa kegiatan workshop yang diselenggarakan Jaringan Pembelajaran APTIK menarik untuk diikuti, yang pertama kegiatan seperti ini tidak bisa dihindari dan bahkan menjadi program penting Ristek Dikti, yang kedua sebagai perguruan tinggi sangat disadari kalau kita membutuhkan pembelajaran yang sifatnya jarak jauh atau online. MOOCs APTIK sendiri merupakan pembelajaran digital sebagai bentuk kontribusi APTIK untuk mendukung keinginan belajar secara terbuka di internet terutama di masa pandemic Covid-19 saat ini. Materi MOOCs APTIK terdiri dari berbagai topik yang menunjukkan ciri khas dari masing-masing PT APTIK. Setelah pelaksanaan workshop membuat konten digital/audiovisual interaktif, program Jaringan Pembelajaran APTIK di tahun 2021 selanjutnya juga akan melaksanakan Integrasi Kampus Merdeka dalam MOOCs APTIK (pengelola MOOCs PT APTIK) dan workshop Implementasi Kampus Merdeka dalam MOOCs APTIK (pengelola bidang akademik).

Wakil Ketua APTIK Romo Yulius Yasinto,MA., MSc, SVD dalam pembukaan workshop juga menyatakan bahwa workshop yang diselenggarakan oleh JPA, menjawab tuntutan perkembangan teknologi dan informasi tidak hanya pada saat situasi pandemi covid 19 saat ini yang mengharuskan semuanya berjalan secara online, tetapi mengantisipasi kegiatan ke depan bahwa kegiatan secara online akan mendominasi dalam proses pembelajaran dalam level apapun. Kita memanfaatkan potensi yang ada dalam lingkungan kita, melalui kegiatan workshop diharapkan dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki pada PT APTIK terutama juga tidak mengabaikan kerjasama dengan pihak di luar PT APTIK. Kesempatan istimewa untuk belajar satu sama lain supaya dapat mengembangkan pembelajaran digital kampus masing-masing, baik itu di lingkungan perkuliahan maupun pengembangan perpustakaan di lingkup PT APTIK.

Sebagai lanjutan kegiatan Workshop ini, Tim Jaringan Pembelajaran APTIK akan menyediakan kesempatan pendampingan kepada para peserta dalam meningkatkan kompetensi pembuatan konten digital. Selain itu, program Jaringan Pembelajaran APTIK di tahun 2021 selanjutnya akan melaksanakan Integrasi Kampus Merdeka dalam MOOCs APTIK (pengelola MOOCs PT APTIK) dan workshop Implementasi Kampus Merdeka dalam MOOCs APTIK (pengelola bidang akademik).